Oleh: nartokendal | Februari 9, 2008

Perjalanan Kisah Sekolahku…………

Aku dilahirkan di kampung yang sangat pelosok di wilayah kabupaten Kulonprogo, tepatnya di dusun Kalangan, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah. Masa kecilku sepenuhnya saya habiskan di kampung itu. Mengawali pendidikan di dusun, aku masuk TK ABA, selama satu tahun sayabermain dengan temen-temn. Mesti di dusun namun TK saya cukup ramai dan mneyenangkan. Ibu guru yang penuh kesabaran mengajak bermain, memberikan cerita, bernyanyi, berlomba, melawat dan seabreg kegiatan kekanak-kanakan yang lain. Senang betul waktu itu. Dengan temen2 yang bandel-bandel kadang membuat ibu guru itu marah. KAmi berkelai, saling dorong, saling pukul, dan……. saling menangis. itulah tingkah polah anak kecil yang selalu menguji kesabaran sang guru.

Selesai TK, dengan mengikuti prosesi akademik yang begitu berwibawa kami di wisuda dan pulang membawa ijazah. Gagah betul! punya ijazah untruk kali pertma. Selembar kertas yang di bungkus plastik rapi itu tertempel foto imut-imut. Eh… amit-amit kali….. Bangga membawa ijazah kerumah dan pingin segera ditunjukkan kepada Bapak….. (Pingin dapet pujian)

beberapa hari kemudian, dengan diantar oleh Mamak, aku didaftarkan ke sebuah SD Negeri. Sekolah yang letaknya kurang lebih 3 km dari rumah. Dengan berjalan kaki aku dan Mamak meuju ke SD Negeri PAnjatan 1. itulah sekolah tempat mengikuti pendidikan dasarku.

Diterima di kelas I bersama temen2 yang tak kukenal sebelumnya, meski ada beberapa yang telah saya kenal karena berasal dari satu kampung. Temen-temen sekampungku antara lain : Tono, Ponidi, Dikum, Panut, Tumar, Yadi, Haris, Poniman. Mereka semua kini masih tinggal di kampung dan hidup bahagia di sana.

Sekolah di SD Negeri Panjatan 1 banyak kenangan yang lucu, aneh, kesel, dan lain-lain. (Kesan-kesan diposting lain kali aja).
Beberapa nama guru sangat lekat di hati ini, Beliau adalah Ibu Ekonomi, Ibu Sri Wijanti, Ibu Samsidah, Ibu Darwati, Ibu Suci, Bapak Suradjiman, Bapak Suparjo. Mereka semua orang orang berjasa dalam hidupku. Atas bimbingan mereka kini aku dapat menjalani hidup di dunia pendidikan, seperti mereka menjadi guru. Sikap beliau mengilhami sejak kecil untuk bercita-cita menjadi guru.

Enam tahun sudah berlalu, dan dengan memperoleh ijazah saya melanjutkan sekolah tingkat lanjutan pertama di SMP Bumirejo, Guru-guruku antara lain, Bapak Pardi, Bapak Taryo, Ibu Prapti, Bapak Samuri, Ibu Nunuk, dan lain-lain. Bersma mereka kujalani hari-hari belajar di SMP Bumirejo. Kawa-kawanku : Sartono, Isuryadi, Heru, Sito, Danding, Sumantri, Dandung, Erna, Tutik, dll.

Tiga tahun menempuh hari-hari di pendidikan tingkat lanjutan pertama. Lulus tahun 1996, melanjutkan ke SMA Negeri 1 Lendah. Bersama guru-guru istimewa seperti pak Paijan, pak Sugeng, pak Edi, pak Sumantoro, Ibu Retno, Ibu Endang, dll. Kawan-kawanku, Aris, Purwanto, Endang, Kelik, Asih, Arie, Afif, dll. Dimanakah engkau sekarang?

Lulus SMA tahun 1989, melanjutkan studi di D3 UGM jurusan matematika. Temen-temen, Iwan, Joko, Lubis, dlll. dah tugas dimana sekarang??

Lulus UGM tahun 1992 mendapat tugas ikatan dinas untuk mengajar di SMA Negeri 1 Cepiring, sambil mengajar elanjutkan studi ke IKIP Semarang, lulus tahun 1999.

Itulah perjalanan sekolahku………..


Responses

  1. good………….., aris kanoman di Lampung, aku pernah ketemu……….., aku tamatan SMA lendah angkatan ke 2………

    • iki rak triatmono putrane pak dahlan to mas,

    • Masih inget gk mas tri atmno ama aku ari suswanto aku angk.87/88

  2. Mas Tri Atmana, saya masih ingat dengan njenengan lho… dulu naik L2 Super to?
    alamat Jogahan ya…? sekarang tinggal dimana nih? sering pulang ke Jogahan ga? Anak berapa Mas? makasih ya komentnya, buka juga di narto-kendal.blogspot.com

  3. Ya….Jogahan is the best for me…..aku di Pringsewu Lampung, insya Allah Juni 08 Pulang pas libur cah sekolah, anak 5, 3 prp 2 lk, ………..aku nggoleki cah SMA Lendah kok ra ono mung ono siji, mengko aku tak gawe blog, ben ono loro…..Dadi PNS ya…., aku skr dagang komputer, dulu pernah bekerja di PT Coca-Cola, trus pensiun dini.

  4. Selamat dah punya 5 yunior, komposisi yang bagus, 3 cewek 1 cowok! Yen balik Lendah coba donk hubungi aku di nomor (0294)383377 ato (0294)5706381.
    Aku ono ing Kendal Jateng Sak kulon Semarang. Wah Hebat donk nek jadi dodolan komputer, aku bisa joint gak? aku juga sok nyambi ngecere,… yen ono permintaan aja dink. kalau bisa kirimi pricelist ke alamat emailku : sunarto2050@yahoo.co.id
    alamt email mas Tri Atmana opo?

  5. He..wong ndeso bali ndeso, itulah njenengan Tapi ga pa-pa sing penting saya dah dapat ilmu yang lumayan dari bapak selama di Patean. sayang, kok cuma sebentar disini, padahal ilmu njenengan banyak yang belum ditularkan ke teman2 di plosok ndeso Patean ini. Semoga sukses yan

  6. Mbak Nur Rahmawatri, terima kasih dan beri komentar di blog ini. Tapi sepertinya terlalu berlebihan apa yng Anda sampaikan tentang saya. Ilmu ini titipan, semoga kita bisa menjaganya. Kalau Anda mendapat sesuatu (ilmu) itu bukan dari saya tetapi karena usaha Anda sendiri dan diberi kemudahan dari Sang Maha Pemilik Ilmu. Anda masih dapat terus mengembangkan apa yang telah Anda miliki dari berbagai sumber. Selamat Belajar, Semoga Berhasil.

  7. Purwanto cah kutan, dulu PP ke skl bareng aku naik sepeda unta, sekarang sukses jadi salah satu kacab. BRI di Kalimantan.
    Tambah satu lagi ni ketemu Mas Tri Atmono kakak kelas kalo dah tahu alamatnya blog-nya kasih tahu juga aku.

    • Ini mas gutok ya.ak ciwin 91 yg dulu sering mbonceng pit untony. Pripun kabare

  8. Alhamdulillah ketemu jg podo2 sekolah nang ndeso Aku senasip smp bumi terus nyangkut smalend lulus 95 wis suwe gak kroso. Perasaan baru kemarin lulus! saiki nyangkut di Jakarta! Salam kenal! Salam Bt kabeh! kapan Kumpull2?

  9. Rully anggkatan 95 dah pasti ggak kenal angkatan 89. Tapi podo-podo alumi Smalend kalo ada waktu kontek ke nomor ini (021)70281504 aku juga di Jakarta.

    • bang yosep di telpon kok gak diangkat?

  10. ass…blh ikt ngrespon ya.., kulo nggih lulusan sma lendah.,tapi lulusan tahu 2007…
    wah udah sukses ya…
    mohon doanya ya…aku baru nempuh kuliah,,,,smoga sukses jua.amien….

  11. saya juga alumni smalend tahun 1995. adakah blog kusus alumni smalend??

  12. Luaaaaaar Biasaaaaaaa!!!!

  13. Aku salut sama mas narto.postinganmu beri pencerahan bagi pembaca

  14. Hm yayayayaya, wah jan rame tenan ki cah cahe
    ak kancane, mbak sarita, yus mas edy galur yus sopo maneh yo, lha iki mas tukijan

  15. kalo mas triatmana , wah ya hebat dunk jadi juragan komputer ,

  16. aku iseng ngetik sma ku,lha kok rame bgt.aku angk 92.saiki dadi kuli nek serang banten.salam bt kabeh ya.jape methe dab!!

  17. Waktu pas SMP, panjenengan kancane Ndanding ya? (Gunadi Handayani bukan) Kalo iya, sekarang dia kerja di Kantor Kec. Kokap, setelah sempat beberapa tahun PNS di Wonosobo Jateng. Aku juga lulusan SMP Ngebak (Ngebrak!) tahun 85-88. Salam.

  18. Saya (samto :tlp 92351468) alumi tahun 89 skrg saya bekerja di PT.Bakrie Swasakti Utama (Developer)
    Salam kenal buat semua alumi sma n lendah
    gimana kabarnya teman2 yang dari daerah bantul Spt. M Fajri, Ketut, eriyanto, subardi dll
    Di Kl Progo Arif, Nurul, sarjio, aris, purnawan, ambardi aw,suwardi dll.
    pada di mana kalian

    • saya fajri sekarang saya kerja di Pemprov Jatim
      dimana kalian semua n gimana kabar teman-teman

  19. Salam kenal kakak2 senior saya alumni sma 1 lendah,lulus tahun 2008.saya sekarang kuliah di stmik akakom yokyakarta.hai temen2 skrng kalian ada dimana aja?aq skrng dah sembuh dr kecelakaan kemarin.alhamdulilah

  20. Alumni 1987 (pertama)
    Kangen dengan temen 2 semua. Reuni sebatas wacaba tak pernah terlaksana.
    Msih adakah guru-guruku yang membekaliku ilmu?

  21. Lam Kenal buat semua kt angkatan 97 ..and untuk temen2 seangkatan atau yang laenya tolong kasih tau rame2 bergabung biar tambah dekat.

  22. Mengharap partisipasinya dalam acara Reuni angkatan I (lulus th 1987) bertempat di Pantai Glagah Indah pada tanggal 3 Syawal 1431 H. Kontak person ke
    Lek Karno, 08128033447
    Kliwon, 08159616411
    Sunyoto : 08128644106

    • aku iseng buka blok kok do mojok nang kono, aku alumni ngebak juga (bumirejo)
      omah cerak pasar pon, alumni sman lendah angkatan I lulus 1987, pindahan sma 2 wates,
      aku sering kontak karo pakde kliwon tgl 4 juli 2010 duwe hajat sunatan. konco2 do nang di aq kelangan lacak, no hp ku 081311119401, 087878848722,021-5977848 senggol2 yo????????????????

    • tlg lek nek duwe no konco2 liyane sms yo………..

  23. saya alumni sma n lendah 93 tp nganggur

  24. Bisa gabung ke http://www.facebook.com/groups/126913714481/ grup sma 1 lendah..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: