Oleh: nartokendal | Februari 18, 2008

Padasan

Pada masyarakat pedesaan yang berpegangan dengan islam sebagai agamanya, alat ini memiliki peran tersendiri dalam  perjalannya spiriuttualnya. Bagaiman tidak? Seorang muslim yang akan melaksanakan sholat pasti didahului dengan mengambil air wudhu. Nah saat berfudhu inilah peran padasan dibutuhkan. Alat ini adalah alat penampungan air wudhu yang selalu ada di setiap langgar/mushola atau bahkan di setiap rumah muslim. Alat ini terbuat dari tanah liat yang telah di bakar, bentuknya seperti genthong dengan ukuran lebih kecil, namun dibagian bawah di beri lubang layaknya kran sebagai tempat mengalirkan air saat berwudhu. Sekarang di setiap mushola telah didantikan oleh tower dan tempat aliran air digatikan oleh kran. Selamat tinggal Padasan.


Responses

  1. saya punya kesan mendalam ttg padasan.
    padasan model dulu sama yg diceritakan P Narto, tp pada suatu ketika saat saya sedang ke t4 saudara mau wudhu, saya masuk kamar mandi ukuran bak RSSS, lha saya cari padasan gak ada, yang saya liat ada bekas ember cat, lalu dilobangi kecil, trus saya berpikir, apa ini padasan model sekarang ya?…. menurut saya bagusan padasan model dulu kok….

  2. Makasih ya komentarnya. Itu betul pak padasan di perumahan rata2 mereknya sama dengan merk cat tembok. Itulah perbedaannya yang pertama, dulu no merk sekarang bermerk….. meski sama dengan merk cat tembok.

  3. itulah kenapa dikatakan padasan.
    kalau padusan yang tidak sekecil itu to lubangnya.
    he he sibuk banget ya sekarang Bosss.
    gimana C55 warna putih yang dulu pernah aku transaksikan. dah tinggal kenangan seperti padasan ini ya ? barangkali saja? he he he
    met soreeeeee

  4. padasan saiki doditinggal mergo nek tutupe ceblok susah goleki opomaneh wudlu sholat isya, biyen nganggo sentir to mas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: